Selasa, 19 Juli 2011

Tradisi Minum Kopi Warga Aceh

Share on :
New Rex cafe
Nyantai sejenak di warkop sama kawan-kawan, itulah yang terbayang saat melihat foto dsebelah, iya ini lah yang sering remaja sekarang lakukan, bisa saling berbagi informasi, diskusi, kerjakan tugas, ataupun hanya sekedar nongkrong, foto di samping diabadikan di Warkop New Rex di Banda Aceh, Warkop yang bertempat di sebelah Grand Aceh Swalayan Bathoh.
Nongkrong di warkop sudah menjadi kebiasaan remaja dan laki-laki paruh baya Aceh, jika kita melihat beberapa dekade ke belekang, kebiasaan ini sebenarnya sudah menjadi tradisi dari warga Aceh yang sudah turun temurun, hanya saja sejak dulu tradisi itu di jalani oleh kaum laki-laki yang sudah dewasa atau sudah paruh baya.
warkop menjadi magnet tersendiri bagi mereka, mereka bukan tidak punya kopi dirumah, mereka juga bukan tidak disediakan kopi oleh istri-istri mereka, tapi dalam benak warga Aceh tersebut sepertinya sudah tertanam "belum sah jalani hari tanpa ngopi di warkop".
Jadi jangan heran jika kita menjumpai warga aceh ramai-ramai ke warkop setelah shalat subuh, tapi tradisi siap subuh ke warkop sepertinya hanya tinggal di desa-desa Aceh, jika kita liat ke perkotaannya itu sudah jarang.

Jika dulu itu semua hanya kita liat sama laki-laki dewasa, saat ini para pemuda atau remajanya juga sudah sama, bahkan sebagian remaja putrinya juga sudah banyak yang ke warkop, sebuah tradisi yang bakal dianggap "gila" oleh kebanyakan orang luar Aceh, tapi itulah sebuah tradisi.
banyaknya warkop menjadi bukti "gila"nya tradisi warga Aceh tersebut, kenapa tidak, anda bisa mendapatkan warkop per 50 m di Aceh,itu kalau di rata-ratakan, bahkan anda bisa mendapati lima warkop berdampingan pada satu tempat, dan gilanya semua warkop penuh pengunjung.
bahkan warkop yang bertempat di perkotaan saat ini bisa di bilang semuanya full wifi.
mungkin sebentar lagi Aceh akan menjadi satu-satunya kota yang online di indonesia, pastinya karena wifi milik warkop.
bagi warga aceh menyakini, banyak ahl positif yang terjadi saat ngopi di warkop, bisa jadi ajang silaturrahmi, mengakrapkan diri sama kawan, hingga jadi tempat saling diskusi, bahkan saat ini tradisi ini semakin berkembang, warkop sudah menjadi tempat mengerjakan tugas kuliah dan sekolah pelajar aceh, mungkin ini juga kenapa remaja putri Aceh ikut dalam tradisi minum kopi itu, ini karena ketersediaan wifi di warkop itu sendiri, selain juga tempatnya yang sudah berevolusi menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan, kenapa tidak, warkop di Aceh saat ini tidak bedanya dengan cafe besar yang indah dan restoran berbintang, itu bukan sebuah kebohongan, karena anda bisa membuktikannya sendiri dengan datang ke Aceh. Bahkan tidak berlebihan kalau anda bisa menjadikan warkop di Aceh sebagai tempat kencan bersama pasangan anda, pastinya bersama istri anda,  anda pasti tau kenapa harus istri.....


sungguh wah tradisi warga Aceh tersebut dan sungguh kuat ada di dalam hati mereka.
salut.....

1 komentar:

KOPI ACEH mengatakan...

smoga Aceh semakin bangkit...

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India